Home > Vol 16, No 1 (2016) > SUGIHARTO

PERBEDAAN KETIDAKWAJARAN SKOR BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR DITINJAU DARI MODEL PENSKORAN JAWABAN SISWA SMP SE KOTA PALANGKA RAYA

SUGIHARTO

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketidakwajaran skor berdasarkan teori respon butir ditinjau dari model penskoran siswa SMP se Kota Palangka Raya. Sampel diambil dari 17 SMP negeri dan swasta yang ada di Kota Palangka Raya. Instrumen berupa tes pilihan ganda dengan tiga pilihan yang mencakup materi matematika SMP Kelas VII semester genap tahun 2015/2016. Selanjutnya dikoreksi dengan model penskoran punishment score dan correct score. Sebelum tes digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu dilakukan validasi, baik isi maupun empiris. Dari 40 butir soal tes diperoleh 30 butir soal yang valid. Untuk memperoleh data proporsi skor wajar digunakan estimasi menggunakan program BILOG-MG. Selanjutnya data dianalisis dengan perbedaan proporsi (Z) dua kelompok.Kata kunci : ketidakwajaran skor, model penskoran

Full Text

Full Text