Home > Vol 16, No 2 (2017) > Endang Sri Suyati

PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SMAN 3 PALANGKARAYA

Endang Sri Suyati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik saat proses pembelajaran Ekonomi menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016 2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi setelah mengunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016 Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  X7  SMAN3 Palangkaraya yang berjumlah 37 orang peserta didik. Metode yang digunakan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan persentase ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktifitas belajar peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran Ekonomi menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)  Kelas X7  SMAN 3  Palangkaraya  Tahun  Pelajaran  2015/2016, yang   ditunjukkan   dengan   perolehan   skor   pengamatan   diatas   3,   (2)   Ada peningkatan  hasil  belajar  Ekonomi  menggunakan  Strategi  Pembelajaran  Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini telihat dari data hasil belajar peserta didik, pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu secara klasikalnya yaitu 64,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,89%. Adapun standar ketuntasan minimum yang ditentukan sekolah untuk pelajaran Ekonomi yaitu 75.  
Kata Kunci: Problem Based Learning, Strategi Pembelajaran Aktif

Full Text

Full Text