Home > Vol 16, No 2 (2017) > Fahruddin Arfianto

PENGARUH ALAT PERAGA TIGA DIMENSI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Fahruddin Arfianto

Abstrak

Penelitian ini diperlukan oleh siswa untuk belajar memahami secara langsung sistem peredaran darah pada manusia dengan  alat peraga tiga dimensi sistem peredaran darah manusia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat peraga tiga dimensi terhadap keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah manusia pada siswa SMA. Rancangan penelitian  yang digunakan adalah  pretest – postest control  group design, dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak, kemudian diberi pretes dan postes. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Umum 1 Muhammadiyah Palangka Raya. Waktu penelitian bulan Juli 2014 - April 2015. Sampel penelitian adalah siswa SMA kelas XI semester satu, sebanyak  dua kelas yaitu  kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas kontrol 29 siswa, kelas eksperimen 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan tes dengan bentuk soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dan menggunakan N gain selanjutnya dilakukan analisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa alat peraga tiga dimensi sistem peredaran darah manusia berpengaruh sangat signifikan  terhadap peningkatan  keterampilan proses sains dengan indikator yang paling dominan adalah observasi. Berdasarkan hasil penelitian  dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga tiga dimensi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA.  
Kata kunci : Alat peraga tiga dimensi dan Keterampilan proses sains.

Full Text

Full Text