Home > Vol 16, No 2 (2017) > Iin Nurbudiyani

EVALUASI PROGRAM PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH OLEH PENGAWAS SEKOLAH BAGI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PALANGKARAYA

Iin Nurbudiyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengevaluasi program pelatihan pendampingan kepala sekolah oleh pengawas sekolah bagi peningkatan kualitas pembelajaran di Palangkaraya. Penelitian ini termasuk evaluasi dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, tes, telaah dokumen, dan focus group discussion. Sasaran penelitian ini adalah 8 pengawas yang masing-masing membina 3–5 sekolah sehingga berjumlah 35 sekolah. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah four level dari Kirkpatrick, yaitu reaction, learning, behavior and results. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pelatihan ini memiliki tingkat relevansi sebesar 85,14% (kategori baik), (2) Pelatihan ini memiliki tingkat efektivitas sebesar 92,57% (kategori baik sekali), dan effect size sebesar 2,0832 termasuk kategori besar karena lebih besar dari 0,8, (3) Pelatihan ini berdampak positif terhadap: (a) Implementasi pengelolaan kurikulum sekolah dengan skor rata-rata 84,13 (kategori baik), (b) Implementasi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar dengan skor rata-rata 82,91 (kategori baik), sehingga dampak secara keseluruhan dengan rata-rata sebesar 83,52 (kategori baik).  
Kata Kunci : Evaluasi, Relevansi, Efektivitas dan kualitas pembelajaran

Full Text

Full Text