Home > Vol 16, No 2 (2017) > Misyanto

HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V SDN-4 PAHANDUT PALANGKA RAYA

Misyanto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan percaya diri dengan hasil belajar PKn peserta didik Kelas V SDN-4 Pahandut Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adlaah seluruh peserta didik kelas V di SDN-4 Pahandut tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 45 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian (penelitian populasi). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan analisis yang digunakan adalah rumus Korelasi Product Moment. Kesimpulan bahwa ada hubungan Percaya Diri dengan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal tersebut berdasarkan pada hasil analisis data yaitu r hitung > r tabel = 0,797 > 0,248 (pada taraf signifikansi 5%).  
Kata Kunci: Percaya Diri, Hasil Belajar PKn.

Full Text

Full Text