Home > Vol 2, No 1 (2017) > Wawan Wiraatmadja

PENERAPAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Wawan Wiraatmadja

Abstrak

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model ARCS di kelas IVA SDN 6 Menteng Palangka Raya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru, peserta didik, dan pengelolaan pembelajaran. Angket untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model ARCS pada peserta didik kelas IVA SDN 6 Menteng Palangka Raya. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 2,8 dengan kriteria cukup meningkat menjadi 3,7 dengan kriteria baik pada siklus II. Ada peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik pada saat diajarkan dengan menggunakan model ARCS pada peserta didik kelas IVA SDN 6 Menteng Palangka Raya. Hal ini dilihat dari siklus I diperoleh rata-rata 61,66 dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 81,16 dengan kriteria sangat baik, N-gain 0,68 dengan kriteria sedang.

Full Text

Full Text