Home > Vol 2, No 1 (2017) > Miftahurrizqi Masroah

PENGGUNAAN MEDIA OBJEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK

Miftahurrizqi Masroah

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan media objek dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN-6 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2012/2013 dan melihat apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media objek yang sebelumnya masih dibawah nilai ketuntasan minimal belajar (KKM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian berjumlah 22 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghitung keberhasilan belajar peserta didik menggunakan rumus persentase yaitu 100% dimana melihat peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penggunaan media objek sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN-6 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata setiap siklus semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,27% dengan kategori baik tapi masih ada peserta didik yang belum tuntas dan akan dilanjutkan pada siklus II hasil belajar IPA peserta didik terlihat sangat meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 86,81% pada kategori sangat baik.

Full Text

Full Text