Home > Vol 2, No 1 (2017) > Annisa Wulandari Fery Rahmawati

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA KONKRET PADA PELAJARAN GEOMETRI

Annisa Wulandari Fery Rahmawati

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika yang pada pembelajarannya menggunakan media konkret dengan media gambar pada peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangka Raya Tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangkaraya, yang berjumlah 40 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thit sebesar 2,17 sedangkan ttab pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,690. Dengan demikian thit lebih dari dibandingkan ttab yaitu 2,17 > 1,690, maka Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan media gambar dan media konkret peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangkaraya.

Full Text

Full Text