Home > Vol 5, No 1 (2016) > Nurliana, Hudan Rahmani

ANALISIS PENGARUH VOLUME KENDARAAN BERAT TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RTA MILONO SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA JALAN LINGKAR LUAR KOTA PALANGKARAYA

Nurliana, Hudan Rahmani

Abstrak

                                                                  ABSTRAK

Seiring meningkatnya jumlah penduduk Kota Palangkaraya, juga memberikan dampak terhadap volume
lalu lintas, hal tersebut terjadi pada ruas jalan RTA. Milono, tetapi hal tersebut dilakukan pengalihan akses jalan ke jalan lingkar luar dengan mengkhususkan untuk kendaraan berat. Maka akibat adanya pengalihan tersebut dilakukan adanya analisis dengan kondisi sebelum dan sesudah adanya Jalan Lingkar Luar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh volume kendaraan berat terhadap kinerja
ruas jalan RTA Milono dengan adanya jalan lingkar luar.

Penelitian ini dilakukan pada jalan RTA. Milino, jalan Lingkar Luar dan jalan Tjilik Riwut KM 10,
dengan pengumpulan data primer dan data sekunder, data primer meliputi data Geometrik Jalan, hambatan
Samping dan volume lalu lintas. Sedangkan data sekunder meliputi data Lokasi penelitian dan jumlah penduduk kota Palangka Raya menurut data hasil sensus penduduk Indonesia 2010. Dalam melakukan analisis, perhitungan berdasarkan metode dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, yang mana akan didapat hasilnya berupa volume, kapasitas, derajat kejenuhan, dan Tingkat Pelayanan (Level of Service /LOS).

Dari hasil analisis didapatkan pengaruh volume kendaraan berat terhadap kinerja ruas jalan RTA Milono
di Km 7 dari Sta 6+800 s/d Sta 7+000 sebelum dan sesudah adanya jalan Lingkar Luar dapat dilihat dari volume lalu lintas (Q), kapasitas (C), derajat jenuh (DS) dan tingkat pelayanan (Level of Service /LOS). Volume pada jalan RTA. Milino pada ruas jalan A pada jam puncak pagi, kondisi sebelum adanya jalan Lingkar Luar, dengan nilai Kapasitas yang sama, kapasitas = 2732,4 smp/jam, (QTOTAL) = 624,88 smp/jam, derajat jenuh = 0,23, dengan tingkat pelayanan termasuk dalam kelas B . Kondisi sesudah adanya jalan Lingkar Luar, (QTOTAL) = 654,08 smp/jam,Derajat Jenuh (DS) = 0,24, dengan tingkat pelayanan berada dikelas B. Pada ruas jalan B pada jam puncak Sore, kondisi sebelum adanya jalan Lingkar LuarArus lalu lintas maksimum terjadi pada sore hari jam 16.00-17.00 WIB.(QTOTAL) = 617,05 smp/jam, DS = 0,23, tingkat pelayanan termasuk dalam kelas B. Kondisi sesudah adanya jalan Lingkar Luar, (QTOTAL) = 665,05 smp/jam,Derajat Jenuh (DS) = 0,24, dengan tingkat pelayanan kelas B.

Kata Kunci: Kapasitas (C), Volume Lalu Lintas (Q), Derajat Kejenuhan (Ds), dan Tingkat Pelayanan
(Level of Service /LOS).

Full Text

Full Text