Home > Vol 6, No 2 (2018) > Miming Virganinda Burako

PROYEKSI KEBUTUHAN AIR BERSIH PADA TAHUN 2021 DI KOTA PULANG PISAU MENGGUNAKAN METODE ARITMATIK

Miming Virganinda Burako

Abstrak

          Sistem pengelolaan air bersih di Pulang Pisau di kelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pulang Pisau. Sistem pengolahan air bersih ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada penduduk kota dan sekitarnya guna pemenuhan kebutuhan akan air bersih. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pulang Pisau saat ini memiliki kapasitas terpasang 45 lt/dt sedangkan kapasitas terpakai 33 lt/dt. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan mapannya perekonomian penduduk, maka kebutuhan air bersih yang bertujuan untuk mengetahui jumlah debit air bersih dan tingkat pelayanan bagi penduduk saat ini maupun dimasa yang akan datang agar tidak ditemukan kekurangan dan kelebihan produksi air bersih.
          Kebutuhan akan air bersih kota Pulang Pisau dilakukan dengan menggunakan metode standard debit minimum air bersih sesuai kriteria kota ditinjau dari jumlah penduduk dan mengetahui unjuk kerja (performance) layanan jaringan air bersih untuk kota Pulang Pisau dengan menganalisis kebutuhan air bersih pada jaringan, kemampuan layanan jaringan dalam memenuhi kebutuhan minimum pelanggan dan penduduk, berdasarkan standard debit minimum.
           Untuk kemampuan layanan terhadap pelanggan PDAM Pulang Pisau pada tahun 2018 melayani melayani 1.995 pelanggan (sambungan) yang terdiri dari 1.862 pelanggan non niaga, 24 pelanggan niaga kecil, 7 pelanggan niaga besar, 18 pelanggan sosial, 13 pelanggan kran umum dan 55 pelanggan instansi pemerintah, 16 Hidran  umum  dengan kapasitas alat terpasang 45 lt/dt sedangkan yang terpakai 33 lt/dt. Untuk tahun 2021 PDAM Pulang Pisau menargetkan layanan 45 % jumlah penduduk, dengan penduduk 32.514 jiwa yaitu 14.631 jiwa. PDAM Pulang Pisau memberikan tingkat pelayanan yang cukup memuaskan dengan prosentase sekitar 216 % dimana kapasitas produksi sebesar 33 lt/dt      dengan konsumsi pelanggan 15,24 lt/det . Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan air bersih meningkat sehingga perlu penambahan kapasitas produksi serta pelayanan jaringan air bersih oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pulang Pisau sesuai dengan waktu penelitian untuk debit sudah dapat memenuhi harapan.    

Kata Kunci  :       Air Bersih, Kebutuhan Air Bersih, Kapasitas Alat, Kapasitas Produksi, Standar Debit Minimum.



Full Text

Full Text