Home > Vol 2, No 2 (2017) > Endah Sarwendah, M. Ramli

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELAS X-8 SMAN I PALANGKA RAYA

Endah Sarwendah, M. Ramli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model bermain peran (Role Playing) di kelas X8 SMAN I Palangka Raya. (2) peningkatan hasil belajar Ekonomi peserta didik dengan menggunakan model bermain peran (Role Playing) di kelas X8 SMAN I Palangka Raya.             Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X8 SMAN I Palangka Raya yang berjumlah 36 orang peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar pesera didik kelas X8 SMAN I Palangka Raya menggunakan model bermain peran  (Role Playing) terlihat aktif. Hal ini terlihat dari hasil skor aktivitas belajar ekonomi peserta didik  pada siklus I, terdapat 16 peserta didik yang skor lebih dari 45 dan pada siklus II, terdapat 32  orang peserta didik yang memperoleh skor lebih dari 45. (2) Penggunaan model bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X8 SMAN I Palangka Raya. Pada siklus I dari 36 peserta didik, rata-rata hasil belajar adalah 80,55 dengan persentase 66,6% dan pada siklus II dari 36 orang peserta didik rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 87,5 dengan persentase 91,66%. Terdapat kenaikan sebanyak 25% dari siklus 1 ke siklus II

Full Text

Full Text