Home > Vol 2, No 2 (2017) > Redno Setiawan, Supardi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA

Redno Setiawan, Supardi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Jigsaw kelas XI IIS2 SMA Negeri Palangka Raya. (2) Hasil belajar ekonomi Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas XI IIS2 SMA Negeri 2 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan model Kemmis dan Mac Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS2 SMA Negeri 2 Palangka Raya sebanyak 34 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Kualitattif dan Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik aktif dengan kategori baik pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kelas XI IIS2 SMA Negeri 2 Palangka Raya, 2) Ada peningkatan hasil belajar Ekonomi pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada tes awal (Pre Test) dari 34 peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 78 mencapai 8,82% (3 peserta didik) dengan nilai rata rata 55, pada siklus I hasil Post Test yang memperoleh lebih dari 78 mencapai 58,82% (20 orang peserta didik) dengan nilai rata rata 73,08 dan pada siklus II hasil Post Test yang memperoleh nilai lebih dari 78 mencapai 100% (34 peserta didik) dengan nilai rata rata 84,71

Full Text

Full Text