Home > Vol 2, No 2 (2017) > Seri Ruliyani, Orhan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS X 7 SMAN 4 PALANGKA RAYA

Seri Ruliyani, Orhan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pelajaran ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) di Kelas X7 SMAN 4 Palangka Raya, (2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) di Kelas X7 SMAN 4 Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelaas (PTK). Subjek dalam penelitian adalahpeserta didik kelas X7 berjumlah 32 orang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data ada dua yaitu pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write pembelajaran ekonomi pada siklus I dan siklus II menjadi lebih aktif. Pada siklus I memperoleh skor 3,7 dengan kategori baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 4 dengan kategori sangat baik, (2) Hasil belajar peserta didik kelas X7 SMAN 4 Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write mengalami penigkatan dari data awal rata rata pra tindakan yaitu 72,18 dan ketuntasan secara klasikal 56,25%. Nilai rata rata pada siklus I yaitu 83, dan ketuntasan klasikal mencapai 71,87%, Nilai rata rata pada siklus II yaitu 92,65 dengan kentuntasan secara klasikal adalah 100%

Full Text

Full Text