Home > Vol 2, No 2 (2017) > Minggus Harriyanto

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA

Minggus Harriyanto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui aktifitas belajar peserta didik dikelas XI 8 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dikelas XI 8 pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini semua peserta didik kelas XI 8 yang berjumlah 37 orang di SMAN 4 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi dan Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Akrivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS Ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas XI-8 SMAN 4 Palangka Raya aktif. Hal ini dibuktikan dari respon peserta didik terhadap proses pembelajaran yang lebih bersemangat, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi, (2) Ada peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas XI 8 SMAN 4 Palangka Raya. Hasil rata-rata test yang diperoleh peserta didik pada siklus I 59 dengan persentase klasikal 35% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 88 dengan persentase klasikal 90%

Full Text

Full Text