Home > Vol 3, No 1 (2017) > Depie, M Fatchurahman

KONSELING KELOMPOK GESTALT DENGAN REVERSAL TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP

Depie, M Fatchurahman

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang self management dalam belajar pada peserta didik dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok Gestalt dengan Reversal Technique. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Equivalent Time Series Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pretest and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah8 peserta didik terdiri dari 3 peserta didik berkategori rendah dan 5 peserta didik berkategori sedang. Pada hasil pretest diperoleh pengelolaan diri peserta didik berada pada kategori rendah dan sedang dengan skor 50 sampai 79, dan setelah pemberian treatment berupa layanan konseling kelompok diperoleh hasil posttest pengelolaandiri berada pada kategori tinggi dengan skor 95 sampai 108. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Pengelolaan diri peserta didik. Hasil uji hipotesis Asymp. Sig. (2 tailed) adalah 0,012. Karena nilai Asymp. Sig taraf nyata (0,05) sehingga Ho ditolak

Full Text

Full Text