Home > Vol 3, No 1 (2017) > Eni Lidya Sari, Asep Solikin

EFEKTIVITAS PELATIHAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI VERBAL PESERTA DIDIK RA MAWADDAHPALANGKA RAYA

Eni Lidya Sari, Asep Solikin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal peserta didik kelompok B di RA Mawaddah Palangka Raya.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan pendekatan one group pretestposttest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok B yang terdiri dari 4 kelas yaitu sebanyak 67 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 8 peserta didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan rumus uji-T (One Sample Test) sistem penghitungan menggunakan bantuan program software SPSS (Statistick package sosial science) under windows versi 19.00.
Hasil penelitian terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi verbal ditandai kesulitan dalam menyampaikan informasi ketika berkomunikasi sehingga lawan bicara tidak memahami maksud yang disampaikannya, pelatihan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal pada peserta didik kelompok B terbukti dengan t tabel kurang dari dari t hitung (1,753 kurang dari 24,975) yang artinya pelatihan bercerita dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik di RA Mawaddah Palangka Raya

Full Text

Full Text